KOMPAS.com - Usaha toko roti dan kue atau disebut bakery banyak bermunculan khususnya dalam bentuk toko online pada masa pandemi.
Akan tetapi tak jarang pengusaha bakery gulung tikar karena pemasukan yang didapatkan tidak menutupi modal yang dikeluarkan.
Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi yaitu kurangnya strategi pemasaran dan konsep bisnis yang belum matang.
Baca juga:
Owner sekaligus chef bakery The Wheat Risa Andithia mengatakan, untuk memulai bisnis bakery, harus ada konsep yang menjadi pembeda dengan yang lain.
"Harus punya diferensiasi dan punya nilai lebih sebagai pembeda dari yang lain," kata Risa saat ditemui Kompas.com di The Wheat pada Rabu (12/1/2022).
Risa mengatakan apabila ingin memulai bisnis bakery, ada konsep bisnis yang harus matang sebelum eksekusi.
Konsep inilah yang nantinya akan menjadi dasar bagaimana strategi pemasaran terhadap produk yang akan dijual.
Menurut Risa menjalani bisnis bakery bukan berarti fokus bersaing dengan produk lain.
"Harus ada hal yang ditonjolkan dari produk yang kita jual, karena kita hadir tidak hanya untuk menyaingi, tapi kita hadir untuk memberikan pilihan," katanya.
Aspek pembeda ini dinilai sangat penting sebelum rencana bisnis bakery dijalankan.
Apabila sudah ada hal yang ditonjolkan dari produk yang dijual, maka pembeli akan mudah untuk mengingat identitas usaha yang dibangun.
Baca juga:
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.Tips Buka Usaha Toko Roti dan Kue dari The Wheat Jakarta - Kompas.com - KOMPAS.com
Read More
No comments:
Post a Comment